Posted by Syarif Hidayatullah | 1 comments

Lunturnya Bahasa Krama


            Ini nih topik yang sering dilupakan oleh kita, para generasi muda. Bahasa  Jawa, ya, bahasa nenek moyang kita. sebelum melangkah lebih jauh lagi, kita harus mengerti dulu apa itu Bahasa Jawa.

            Yang pertama Bahasa, bahasa merupakan alat komunikasi lisan yang kita ucapkan. Tanpa adanya bahasa maka praktik bertukar informasi atau berkomunikasi tidak akan berjalan dengan lancar. Jadi bahasa merupakan hal yang paling penting. Tidak hanya itu, bahasa juga mampu mengisahkan keadaan suatu bangsa melalui sejarah atau perjalanan zaman, berarti bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi belaka.

            Itu tadi sedikit ulasan mengenai apa itu bahasa. Kembali lagi ke topik yang akan kita bahas, yaitu Bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa yang dimiliki oleh Ibu Pertiwi. Menurut KOMPAS, 18 September 2006, mereka menemukan fakta bahwa masyarakat di Jawa Tengah merasa bangga sehingga masih aktif bertutur bhasa Jawa sebagai wahana komunikasi sehari-hari. Terlepas dari itu, bagaimana dengan kita? bagaimana dengan generasi muda sekarang ini? Apakah mereka masih menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan bahasa jawa? Saya rasa tidak banyak yang melakukan hal tersebut.

            Bisa dilihat di lingkungan sekitar kita sendiri. Banyak teman-teman kita atau bahkan kita sendiri yang melupakan bahasa jawa. Mereka lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia, sekalipun menggunakan bahasa jawa itu juga asal-asalan (tidak menganut pakem). Mereka kurang mengerti atau bahkan tidak mengerti sama sekali apa itu bahasa jawa ngoko alus, krama inggil, krama alus dan lain-lainnya.

            Apa yang menyebabkan generasi muda sekarang ini kurang memerhatikan pakem-pakem dalam bahasa jawa? Kebanyakan dari mereka berfikiran bahwa bahasa jawa merupakan bahasa yang sulit untuk dipelajari. Kesulitan tersebut yang menjadikan minat dan semangat mereka berkurang. Jika hal ini kita biarkan berlarut-larut, maka apa yang akan terjadi dikemudian hari? Mungkinkah bahasa jawa akan menghilang? Menurut saya mungkin saja bahasa jawa akan menghilang JIKA tidak dilestarikan dengan sebaik-baiknya. 

           Bagaimana cara melestarikannya? Sebagai orang tua harusnya mereka mengajarkan pakem-pakem bahasa jaw kepada anaknya sejak dini dan membiasakan mereka berkomunikasi dengan bahasa jawa dengan baik dan benar. Selain itu, pendidikan formal juga harus mengajarkan murid-muridnya bahasa jawa. Apakah cukup sampai disitu? Tidak! Generasi muda sendiri juga harus mempunyai kesadaran bahwa betapa pentingnya Bahasa Jawa dan dampak-dampak yang akan ditimbulkan jika tidak dilestarikan.

            Maka dari itu, dimulai dari kita dan dimulai dari sekarang mari kita lestarikan Bahasa Jawa! Jangan sampai anak cucu kita tidak merasakan betapa indahnya Bahasa Jawa.

1 comment:

  1. wah... bener tu gan, anak ma ortu jarang yg mau berkrama.

    ReplyDelete